Gunung Sunda Purba

Gunung ini ada yang menyebutnya Gunung Chuda induk dari sejumlah gunung yang ada di wilayah Bandung, Jawa baratIndonesia. Gunung sunda ini meletus antara 210.000 hingga 105.000 tahun lalu dengan ketinggian sekitar 4.000 mdpl dari letusan gunung tersebut tersisa lah 3 gunung yaitu Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Sunda, Gunung Bukit Tunggul. 

volume materi dari Gunung Sunda Purba yang dikeluarkan mencapai 66 km hingga menutupi kawasan hingga radius 200km. akibat dari letusan dahsyat Gunung sunda purba menghasilkan kubah vulkanik yang kemudian runtuh dan membentuk kaldera, sehingga membentuk cekungan dimana air hujan dapat terkumpul dan membentuk danau.

Letusan tersebut juga mengakibatkan berbagai efek Geologis seperti pengendapan material vulkanik, pembentukan lahar, dan pengubahan bentuk permukaan tanah sekitar kaldera. selama ribuan tahun danau ini menjadi habitat bagi beragam makhluk hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar sebagai sumber air dan mata pencaharian.

Danau Purba Bandung menjadi salah satu bukti sejarah keberadaan Gunung Sunda Purba dan penting untuk dipelajari sebagai bagian dari sejarah bumi dan kehidupan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini